Tentang BP3 Maluku

Dokumen

logo-pemda-malukuPerlindungan Tanaman Pangan merupakan salah satu sistim pendukung kinerja Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dalam program peningkatan produksi untuk mencapai swasembada pangan dan swasembada yang berkelanjutan, karena kegiatan perlindungan terhadap tanaman pangan mempunyai tujuan tugas dan fungsi pengamanan produksi dari serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan Dampak Perubahan Iklim. Keberadaan OPT di lapangan dan kondisi iklim harus selalu dipantau dan dilaporkan untuk mengambil kebijaksanaan sehingga hasil dampak yang merugikan dari OPT dan DPI dapat dihindari.

Pemantauan dan pengamatan serta pelaporan OPT dan DPI merupakan komponen kegiatan perlindungan tanaman pangan agar diperoleh data kuantitatif maupun kualitatif sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan serta langkah-langkah operasional yang diperlukan di lapangan.

Keberhasilan pemantauan dan pengamatan serta pelaporan sangat ditentukan oleh metode pengamatan dan pelaporan yang digunakan atau yang digunakan sebagai pedoman oleh para pelaksana (petugas lapangan).

Pelaksanaan tugas pemantauan gejala dan dampak OPT dan DPI di Daerah Maluku di laksanakan oleh BP3M Maluku. Guna membantu pelaksanaan fungsi dan tugas tersebut maka BP3M Maluku menyediakan website ini.